3 Cara Mudah Untuk Membuat Gambar 3D
Cara Mudah Untuk Membuat Gambar 3D - Gambar 3D (tiga dimensi) menggunakan ilusi optik untuk membuatnya terlihat memiliki kedalaman. Teknik ini dapat membuat gambar menjadi lebih hidup. Walaupun tidak gampang, menerapkan teknik ini lebih mudah dari kelihatannya. Dengan memakai beberapa teknik, Anda bisa membuat gambar 3D dari beragam objek.
Menggambar Kotak 3D
Gambar persegi. Membuat kotak 3D dimulai dari menggambar persegi sederhana karena sebagian garis dapat perlu dihapus. Ukuran persegi ini bisa bermacam-macam, tetapi seharusnya hanya mencakup paling banyak ¼ halaman. Buat di tengah halaman sehingga ada cukup ruang untuk menggambar keseluruhan kotak.
Dalam hasil akhir, persegi ini akan menjadi muka kotak.
Gambarkan persegi kedua yang berpotongan dengan persegi pertama. Buat persegi kedua berada agak ke samping dan atas persegi pertama. Mulailah menggambar garis dasar persegi kedua sehingga titik tengahnya bersilangan dengan titik tengah sisi atas persegi pertama. Kemudian, gambarkan sisi kanan persegi kedua sehingga titik tengahnya bersilangan dengan titik tengah sisi atas persegi pertama. Kemudian, selesaikan menggambar sisi atas dan kiri persegi kedua.
Ukuran persegi kedua harus sama dengan persegi pertama.
Persegi kedua akan menjadi sisi belakang kubus hasil akhir.
Tambahkan garis yang menghubungkan kedua persegi. Hubungkan setiap sudut persegi pertama sehingga saling menyambung dengan sudut-sudut persegi kedua. Sebagai contoh, tarik garis dari sudut kiri atas persegi pertama ke sudut kiri atas persegi kedua.
Garis ini akan memberikan ilusi sisi atas, bawah, dan samping kubus bagi yang melihatnya.
Hapus garis untuk membuat kubus tampak lebih solid, kalau diperlukan. Jika Anda mencoba menggambar kubus solid, alih-alih transparan, hapuskan beberapa garis yang telah digambar. Hapuskan semua garis yang tidak bisa dilihat dari sudut pandang yang digambar.
Garis-garis yang perlu dihapus di antaranya sisi penyambung sudut-sudut kanan bawah, dan sisi bawah persegi kedua.
Mungkin Anda merasa sia-sia telah menggambar garis ini sebelumnya, tetapi semua itu membantu menggambar kubus ke bentuk yang benar.
Warnai sisi kubus kalau mau. Untuk menyorot sudut pandang 3D gambar Anda, warnailah setiap sisi kotak memakai warna berbeda. Langkah ini membantu memperjelas kedalaman gambar dan setiap sisi kubus menjadi berbeda.
Gambar variasi kotak 3D. Setelah Anda terbiasa menggambar kotak 3D, mulailah menggambar bentuk lainnya, misalnya balok/prisma segiempat. Untuk membuat balok, mulai dengan menggambar persegi panjang. Kemudian, gambar persegi panjang kedua agak ke samping dan atas persegi panjang pertama. Terakhir, sambungkan sudut-sudut yang berdekatan dari masing-masing persegi panjang.
Anda bisa menggambar bentuk lainnya, misalnya segitiga, bintang, atau abstrak.
Menggambar Ilusi Optik 3D
Pilih objek yang ingin digambar. Objek yang dipilih harus jelas dan memiliki garis bentuk (outline) sederhana. Misalnya Anda bisa menggambar pisang, tangan, atau donat. Masing-masing memiliki garis bentuk dan wujud keseluruhan yang sederhana.
Jiplak benda yang ingin digambar jika ukurannya muat dengan kertas. Misalnya, Anda bisa memakai tangan Anda karena ukurannya cocok dengan kertas standar dan bisa dijiplak dengan mudah.
Buat goresan ringan garis bentuk objek dengan pensil. Anda bisa menggambar atau menjiplak garis bentuk objek yang ingin digambar pada selembar kertas. Gambar objek di tengah halaman, walaupun Anda bisa menyentuh bagian atas atau bawah kertas jika diperlukan.
Gambar garis bentuk dengan tipis sehingga goresan pensil yang tidak diperlukan bisa dihapus dengan mudah selama proses.
Gambar garis horizontal dan sejajar di sepanjang halaman. Tutupi seluruh kertas dengan garis ini kecuali bagian garis bentuk yang telah digambar. Buat garis-garis ini saling berdekatan, maksimal terpisah sejauh 0,5 cm sampai ke ujung bawah halaman.
Sebaiknya gambar garis-garis ini memakai penggaris sehingga sepenuhnya lurus dan berjarak sama.
Jika Anda memakai kertas catatan bergaris, pakailah untuk menjiplak garis yang ada.
Gambarkan garis kurva di dalam garis bentuk. Awali setiap garis kurva ini tempat satu garis lurus sejajar menyentuh garis bentuk. Gambar kurva di sepanjang seluruh garis bentuk dan kemudian kembali turun sehingga menghubungkan ujung garis lurus terkait pada sisi seberang garis bentuk.
Setiap garis kurva akan melengkapi garis horizontal yang menyeberang sampai ke ujung halaman.
Garis kurva harus meniru bentuk umum benda yang digambar. Jika bentuknya bervariasi, garisnya harus beralih secara bertahap untuk mengikuti bentuk benda.
Jiplak garis horizontal yang lengkap. Untuk membuat efek 3D tampak menonjol, perjelas garis yang dibuat. Jiplak seluruh panjang semua garis, termasuk bagian lurus dan berkurva. Anda bisa memakai pulpen, pensil warna, atau spidol untuk menjiplak garis.
Anda bisa memakai tinta satu warna atau berbagai macam warna.
Hapuskan garis bentuk pensil. Setelah tinta mengering, hapuskan garis bentuk awal yang sebelumnya dibuat. Langkah ini akan menambahkan efek 3D pada gambar dan menonjolkan objek di halaman.
Menggunakan Perspektif
Pelajari subjek. Jika Anda ingin menggambar sesuatu dalam 3D berdasarkan sesuatu di kehidupan nyata, akan membantu untuk melihat detailnya. Dengan demikian, Anda bisa memahami cara mewujudkan kedalaman dunia nyata ke dalam permukaan datar.
Sebagai contoh, jika Anda menggambar semangkuk buah di atas meja, pelajari cara semua unsur komposisi saling berhubungan. Berapa banyak buah, mangkuk, dan meja yang bisa dilihat? Di mana setiap bagian saling berpotongan? Di mana bayangan berada dan letak cahaya mengenai objek?
Mulai menggambar garis cakrawala. Untuk gambar yang ingin menunjukkan jarak sangat jauh, penting untuk membuat garis cakrawala tempat langit bertemu tanah. Garis ini menciptakan titik terjauh dari pemandang. Letaknya biasanya berada antara sepertiga dan separuh halaman dan menjangkau keseluruhan halaman.
Cara ini bagus untuk mulai menggambar lanskap, Anda bisa mulai menggambar latar depan di bawahnya dan langit atau objek besar di atas lanskap.
Sertakan titik hilang dalam gambar. Titik hilang adalah titik tempat benda di kejauhan menghilang. Secara praktik, inilah titik tempat garis sejajar yang dimulai dari depan gambar menyatu di halaman. Dengan menandai titik ini pada garis cakrawala, Anda akan memiliki tempat untuk mengakhiri benda yang bergerak ke kejauhan
Sebagai contoh, jika Anda melihat turun ke jalan, pada titik tertentu jalan tidak lagi bisa terlihat. Walaupun jalan dibuat lebar di bagian bawah gambar, yang merupakan titik terdekat pada pemandang, sisi jalan akan menyempit dan mencapai ujung titik hilang.
Posting Komentar untuk "3 Cara Mudah Untuk Membuat Gambar 3D"